Jumat, 11 Desember 2009

MEMBANGUN DAKWAH ELITIS YANG POPULIS

Ada dua tuntutan yang harus ada dalam gerakan dakwah. Yakni aspek elitis dan aspek populis. Aspek elitis tercermin pada fokus pengkaderan dan selektifitas tinggi terhadap pendukung inti dakwah. Sementara aspek populis, terindikasi melalui aspek kedekatan dan kebersatuan gerakan dakwah dengan masyarakat luas. Kedua tuntutan ini harus diterapkan secara proposional.

Sistem elitisme mempunyai beberapa ciri. Yang paling menonjol adalah alaniyatul amal wa siririyatu tanzim. Walaupun karakter ini sangat diperlukan untuk menjamin keamanan pergerakan serta para aktivisnya, namun disisi lain juga sangat berbahaya, sebab karakter ini akan menjadikan pergerakan dengan para aktivisnya terisolir dari dinamika masyarakat. Hal ini nanti akan menghilangkan kemampuan pergerakan sebagai sentral kepemimpinan umat di lapangan.

Agar pergerakan Islam dapat berperan memimpin umat. Ia harus sanggup menjadi suatu sentral kemanusiaan serta memiliki unsur kepemimpinan yang menyatu dengan masyarakat, ikut merasakan persoalan yang sedang mereka hadapi serta ikut menanggung beban yang mereka pikul sehari – hari. Hal ini tak mungkin terwujud kecuali dengan adanya suatu kepemimpinan yang populis secara terus menerus yang turut merasakan dan terlibat memecahkan problematika hidup masyarakat.

Gejala elitisme yang berlebihan akan memunculkan dampak eksklusifisme, yakni berputarnya aktivis dakwah dalam lingkup internal, yang pada dasarnya bertentangan dengan fungsi utama harakah sendiri. Para aktifis pergerakan bermain dalam medan yang sempit dan di kalangan terbatas, membuat daya cakup dan liputnya hanya menyentuh lingkungan kecil yang tertentu. Lebih lanjut, gejala ini ditandai dengan tumbuhnya karakter aktivis yang manja. Hanya dapat berperan pada lingkungan tertentu yang sama. Tidak ada keberanian untuk mencoba masuk dan mewarnai lingkungan baru. Bila ini yang terjadi, berarti gerakan dakwah bisa berhenti, dan seolah membiarkan kepemimpinan masyarakat dikuasai oleh kekuatan perusak serta sistem dan kekuasaan yang menyimpang.

Segi negatif lain yang muncul dari dominasi elitisme dalam gerakan dakwah adalah hilangnya rasa kepedulian sosial dari diri para anggotanya. Sebab tarbiyah fikriyah dan ruhiyah yang mendapatkan porsi besar dan luas dari sistem organisasi, tanpa disadari telah menumbuhkan sikap uzlah ijtimaiyyah ( isolasi sosial ). Disinilah perlunya aspek penyeimbang dengan menekankan tarbiyah ijtimaiyyah untuk menumbuhkan kepedulian sosial serta dapat menjadikan para dai hidup bersama masyarakat serta ikut merasakan persoalan dan kesulitan yang mereka hadapi. Seperti yang digambarkan oleh Rasulullah, “ Sebaik – baik manusia adalah yang paling bermanfaat pada manusia.”

Memimpin masyarakat dalam naungan Islam, serta mengajak mereka untuk memenuhi panggilan dakwah tidak mungkin dapat diwujudkan melalui khutbah, ceramah atau penyuluhan. Itu semua harus didukung adanya interaksi sosial antara dakwah dan masyarakat luas. Dan disanalah, masyarakat merasakan langsung sentuhan indah Islam.

Sumber : Tarbawi Edisi 3 Th. I 31 Agustus 1999 M/19 Jumadil Awal 1420 H

Rabu, 09 Desember 2009

SYAHWATUN NISA’

Saudaraku,
Adalah lumrah, bila seorang musafir harus tahu benar karakter perjalanan yang akan dilakukannya. Salah satu karakter perjalanan itu adalah munculnya fitnah dan ujian. Bila tak disikapi dengan benar, bisa jadi arahnya akan menyimpang. Kemunculan fitnah merupakan sunnatullah. Maka ia sangat tergantung lemah atau kuatnya iman sang musafir. Bila imannya prima, hubungan dengan Allah kuat, ujian apapun takkan dapat menjerumuskan. Beda halnya ketika iman melemah. Sedikit saja ujian menerpa, dapat membuatnya terjungkal. Allah telah menakdirkan terjadinya fluktuasi iman. Tinggi dan rendahnya keimanan ada­lah fenomena yang pasti di alami setiap orang. "Iman itu bertambah dan berkurang," demikian sabda Rasulullah SAW.

Karena itu, satu-satunya cara di samping senantiasa berusaha memperbarui iman adalah harus tetap waspada menghadapi berbagai gejala mun­culnya fitnah. Saudaraku, Syaikh Adil Abdullah al-Laili dalam kitab Musafir fi Qithari Da'wah, menguraikan salah satu fitnah besar yang menghadang seorang mukmin adalah fitnah syahwat. Fitnah inilah yang pertama kali menerpa ayah kita Adam 'alaihissalam. Terdorong melayani rongrongan syahwat fisik perut, setelah tertipu iblis, ia memakan buah yang dilarang Allah. Allah menyebutkan, manusia tercipta dari tanah yang gosong (hama'in masnun). Tanah yang gosong, logikanya memiliki anasir tanah dan api yang menjadikannya gosong. Maka manusia memiliki sifat tanah (ardh), dan sifat api (naar). Syahwat manusia berputar di antara keduanya. Yang tekait dengan materi tanah, akan membawanya condong pada segala hal yang bersifat keduniaan. Keinginan memiliki harta, kekayaan, kecintaan pada anak dan istri, dan sebagainya. Dalam taraf tertentu, potensi syahwat ini dapat menggiring manusia terjerembab dalam perbuatan keji, seperti mencuri atau berzina. Adapun syahwat api (syahwat nariyah), wujudnya gejolak jiwa yang meletupkan kemarahan, rasa sombong, membangkitkan ambisi untuk dihormati, cinta jabatan, dan semisalnya.

Saudaraku,
Fitnah paling dahsyat —menurut Rasu­lullah— dalam hal syahwat adalah fitnah yang pertama kali menyesatkan Bani Israil, yakni wanita. Syahwat wanita dapat menjadikan orang terjerumus dalam berbagai perilaku dosa. Para juru dakwah, bukan tak mungkin terjerumus dalam fitnah wanita. Apalagi hidup di zaman seperti saat ini. Allah juga telah menjelaskan, "Allah menghiasi manusia dengan cinta syahwat pada wanita."(Ali Imron : 14). Rasulullah sendiri mewanti-wanti kepada umatnya tentang hal ini, "Aku tidak meninggalkan fitnah yang lebih berat kepada kaum Ielaki dari pada fitnah wanita." (Muttafaqun Alaih)

Imam Al-Qurthubi dalam tafsirnya mengatakan, "Fitnah wanita Iebih dahsyat ketimbang fitnah anak. Sebab, wanita memiliki dua fitnah, sedangkan anak memiliki satu fitnah. Dua fitnah yang ada pada wanita: Pertama, ia dapat memunculkan rusaknya hubungan antara dua orang bila dalam suatu perkara wanita menuntut suaminya melakukan hal itu. Kedua, fitnah ambisi mengumpulkan harta, dengan cara halal maupun haram. Sedang fitnah anak hanya satu, mendorong orang tua mengumpulkan har­ta." (Tafsir Qurthubi, 4/29)

Saudaraku,
Cinta kepada istri itu halal dan harus. Tapi adakalanya kecintaan dan kedekatan itu menjadi penghalang dari perbuatan ma'ruf. Indikasinya, terlalu takut bahaya menimpa keluarga, ingin selalu dekat dengan istri, lebih mengutamakan syahwat dunia dari amal akhirat. Kon­disi ini bahkan bisa berlanjut pada pemutusan silaturahim, atau menyakitkan orang tua, enggan berinfaq. Fitnah ini sering datang sembunyi-sembunyi, nyaris tak terasakan. "Yang pertama kali memakan buah itu adalah Hawa, akibat tipu daya iblis kepadanya. Pertama kali iblis berkata kepada Hawa, karena dialah yang mudah ditipu. Itulah fitnah pertama yang menimpa laki-laki dari wanita. Iblis pun lalu mengatakan, 'Apa yang menghalangi kalian berdua dari pohon yang akan membawa keabadian ini.' Iblis datang kepada mereka dari pintu yang mereka sukai. 'Cintamu pada sesuatu, akan membuatmu buta dan tuli.'" (Tafsir Al-Qurthubi: 1/308)

Renungkanlah, Iblis lantaran tahu, tipu daya dari sisi wanita lebih efektif dan mudah sampai pada seorang pria. Ketika itu, telinga dapat tertutup dari kebaikan. Mata jadi buta dari yang ma'ruf. Mungkin ada pengalaman hidup yang bisa jadi pelajaran kita. Ketika banyak da'i rela meninggalkan amal shalih demi istrinya. Melanggar maksiat, karena terlalu banyak mendengarkan apa yang diinginkan istrinya. Atau, mungkin yang lebih rendah dan lebih bahaya dari itu, ada suami yang cenderung merendahkan orang lain ha­nya karena mendengar apa yang dikatakan istrinya. Akhirnya, seorang suami jadi merasa nikmat membicarakan —dengan istrinya— aib saudaranya, membuang waktu, menghilangkan pahala, dan menambah dosa .... inna lillah.

Saudaraku,
Seorang da'i, betapapun kuat kepribadiannya, tajam pikirannya, harus waspada dari fitnah wanita. Jauhi segala kondisi yang dapat memunculkan fitnah itu. Hindari segala keadaan yang menjadi prolog untuk dosa dan kesalahan, apapun alasannya. Para ulama telah mengingatkan laki-laki dari wanita, hatta de­ngan alasan mengajarkannya kalamullah Al-Qur'anul karim. Ulama zuhud, seperti Maimun bin Mahran, mengatakan, "Tiga hal yang jangan sampai dirimu melakukannya, antara lain, ".... jangan engkau mendatangi wanita, meskipun engkau beralasan: "Aku ingin' mengajarkannya kitabullah." (Siyar A'lam Nubala, 5/17)

Jaga jarak dengan kerabat yang bukan mahram, betapapun urf atau adat yang berlaku. Waspadai terhadap fitnah yang datang dari pihak istri, termasuk dalam kerangka kerjasama dakwah. Sebab, laki-laki memang lemah di hadapan wanita. "Dan manusia diciptakan dalam kondisi lemah". Imam Al-Qurthubi meriwayatkan bahwa Thawus berkata, "Ayat ini khusus dalam masalah wanita." Juga diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa ia membaca ayat tersebut, lalu lemah," ia lalu mengatakan, "Artinya tidak sabar menghadapi wanita." (Tafsif Qurthubi, 5/149) Saudaraku, Kita tak memungkiri janji Rasulullah, "Sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihat. Namun, mendidik wanita agar jadi shalihat, sama beratnya dengan menjauhi fitnah mere­ka. Wallahu a'lam bisshawab.
Muhammad Nursani

Sumber : Tarbawi Edisi 3 Th. I 31 Agustus 1999 M/19 Jumadil Awal 1420 H