Minggu, 18 Oktober 2009

Hadist Mengenai Perintah Meluruskan Shaf


Dari Anas RA berkata Rasulullah SAW bersabda : " Rapatkan dan luruskanlah shaf kalian, sesungguhnya rapat dan lurusnya shaf sebagian dari kesempurnaan shalat." ( HR. Bukhari )

Dari Anas RA berkata Rasulullah SAW bersabda : " Rapatkan shaf kalian, mendekatlah antara sesama dan sejajarkanlah bahu – bahu. Demi Allah yang jiwaku berada ditanga-Nya. Sesungguhnya saya melihat syetan masuk dari sela – sela shaf seperti kambing hitam." ( HR. Ahmad, Nasa'I, Abu Dawud, Ibnu Hibban dan Ibnu Khuzaimah )

Dari Ibnu Umar RA berkata Rasulullah SAW bersabda : Rapatkanlah shaf, sejajarkan antara bahu, penuhilah yang masih kosong ( longgar ), bersikap lunaklah terhadap saudara kalian dan jangan biarkan kelonggaran untuk syetan…" ( HR. Abu Dawud )

Dari Ibnu Umar RA berkata Rasulullah SAW bersabda :" ….barangsiapa yang menyambung shaf, maka Allah akan menyambungnya dan barangsiapa yang memutus shaf, maka Allah akan memutusnya." ( HR. Abu Dawud )

Dari Ibnu Mas'ud RA berkata Rasulullah SAW bersabda : " Rapat dan luruskan shaf dan janganlah berselisih, karena itu akan menyebabkan perselisihan hati." ( HR. Muslim )




Tidak ada komentar: